5 Gerakan Yoga yang Bagus untuk Wanita Hamil dan Membantu Kelancaran Proses Melahirkan

Wanita yang sedang hamil memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya gerakan mereka juga sudah mulai terbatas, apalagi seiring dengan bertambahnya usia kandungan tersebut, tentunya akan semakin menyulitkan untuk bergerak. Namun tidak menjadi alasan bagi Anda untuk bermalas-masalah, justru sebenarnya wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk aktif dalam berolahraga karena memang begitu banyak manfaatnya, termasuk diantaranya adalah bisa membantu untuk membantu dalam melancarkan proses persalinan, apalagi jika sudah memasuki trimester ketiga kehamilan.

Hanya saja memang harus pilah-pilih jenis olahraga yang agaknya aman dilakukan oleh wanita yang sedang hamil, karena memang tidak semuanya bagus dilakukan. Diantara pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh bumil adalah yoga. Olahraga yang berasal dari India ini ada banyak sekali jenisnya, begitu juga dengan manfaatnya untuk kesehatan. Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis gerakan yoga yang jika dilakukan secara teratur manfaatnya sangatlah banyak, termasuk untuk memperkuat panggul dan membuatnya lebih lentur guna persiapan persalinan, yaitu:

Sukhasana, dikenal juga sebagai easy pose, yaitu dengan menjalankan hip opening. Walau terlihat mudah, namun ternyata tidak banyak yang bisa melakukannya, apalagi orang-orang yang bermasalah dengan otot, karena beberapa merasa ototnya akan kaku dengan melakukan pose ini. Pose tersebut dapat dilakukan pada saat baru mengawali latihan, dimulai dengan melatih pernapasan, selain dilakukan untuk memulai juga dapat digunakan untuk mengakhiri latihan Anda. Melatih bagian panggul agar terbuka dan juga latihan pernapasan untuk meningkatkan fokus, bagus membantu dalam proses kelahiran normal nantinya.

Balasana, atau disebut juga sebagai child pose, pose yang satu ini biasanya dilakukan untuk rehat sejenak ketika yoga. Manfaatnya sangat bagus sekali karena memang bisa membuka area panggul dan paha dalam, juga dapat meregangkan tulang selangkang. Posisi ini nantinya juga dapat melepaskan rasa tegang, membantu untuk menenangkan pikiran saat melahirkan nantinya. Ketika melakukan posisi ini sebaiknya dengan pasangan dan minta mereka untuk memijat area punggung sehingga membuat lebih rileks.

Baddha Konasana, hendaknya posisi kupu-kupu atau butterfly pose ini paling sering dilatih ketika hamil. Karena memang manfaatnya sangatlah bagus di dalam membuka area panggul Anda, selain itu juga dapat membantu relaksasi pada tubuh dan pikiran, apalagi jelang masa persalinan nantinya. Selain itu bagi janin yang ada dalam kandungan sebenarnya posisi ini berguna untuk meningkatkan asupan oksigen lewat plasenta mereka.

Upavistha Konasa, wide angle seated forward bend ini adalah salah satu posisi yang juga dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil. Karena dapat menghilangkan rasa tegang pada tulang punggung Anda, selain itu juga berguna untuk berguna dalam membuka panggul hingga tulang selangkang, bagus untuk meningkatkan asupan oksigen pada bayi yang ada dalam kandungan.

Anjeneyasana, ini adalah pose yang juga dikenal sebagai cresent lunge. Latihan yang satu ini memang agak menantang dan sulit dilakukan oleh beberapa orang ketika hamil. Namun manfaatnya sendiri juga sangatlah bagus, apalagi untuk membantu proses kelahiran nantinya. Karena bisa mempersiapkan panggul untuk proses kelahiran bayi secara normal. Juga dapat membantu mengarahkan posisi bayi, sehingga nantinya tidak akan sungsang selama proses kelahiran berlangsung.

Itulah beberapa gerakan yoga yang dapat Anda coba untuk membantu dalam kelahiran nantinya. Bumil sebaiknya mulai aktif berolahraga lagi sejak usia kandungan sudah memasuki 4 minggu, namun dengan pilah-pilih jenis olahraga yang tepat.