6 Tips Liburan Hemat, Liburan Cermat

Salah satu kendala untuk pergi berlibur adalah masalah biaya. Karena liburan bisa jadi membutuhkan biaya yang besar. Tapi jangan khawatir, dengan uang on budget juga tetep bisa liburan kok dengan hemat pula. Bagaimana caranya? Ini dia tips liburan hemat dan cermat!

 

1. Riset tempat liburan yang murah dan minta pendapat orang yang sudah berpengalaman

liburan asik
liburan asik

Pilih tempat liburan yang sesuai dengan budget yang anda miliki. Semisal budget liburan anda 10 juta, maka destinasi lokal bisa menjadi pilihan, karena tidak cukup untuk liburan di amerika.

Bertanyalah kepada teman anda yang pernah ke destinasi tersebut atau yang hobi traveling, minta tips dan trik agar liburan mengeluarkan uang yang seefisien mungkin.

 

2. Pertimbangkan penginapan hotel kapsul atau homestay / guest house

Hotel kapsul merupakan hotel dengan harga yang lebih murah dibandingkan hotel reguler. Disebut hotel kapsul karena ukurannya yang kecil dan layanannya yang standar biasanya hanya fasilitas untuk tidur, tanpa kamar mandi dalam, dengan fasilitas tidak seperti hotel konvensional.

Homestay atau guest house adalah sebuah bangunan rumah lengkap dengan kamar mandi, dapur, beberapa kamar, dan fasilitas lainnya beserta isinya yang bisa kita sewa harian untuk menginap bersama keluarga.

Untuk menginap di hotel kapsul biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dari menginap di hotel konvensional pada umumnya. Pilih hotel kapsul jika anda berpergian hanya sedikit orang dan dengan budget yang terbatas dan tidak terlalu membutuhkan kenyamanan seperti yang disediakan hotel konvensional.

Pilih homestay apabila berlibur bersama banyak anggota keluarga, karena dengan memilih homestay biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah dibandingkan dengan sewa hotel per kamar untuk setiap 2 orang / 1 keluarga. Satu homestay bisa jadi memiliki 2 atau lebih kamar, sudah dengan kamar mandi, dapur, ruang tamu, dll, yang jika biaya sewa dibagi per kamar, maka bisa lebih murah dan lebih nyaman dibandingkan dengan hotel konvensional yang seharga.

 

3. Pergi liburan di waktu tidak banyak orang pergi berlibur

Pergi berlibur saat bukan musim liburan atau hari besar, maka biaya yang anda keluarkan bisa lebih murah dikarenakan sudah merupakan hal yang umum apabila liburan atau hari besar maka harga hotel, tiket hiburan, makanan, dll akan lebih mahal dibandingkan jika bukan musim liburan.

Hal ini tentunya cocok untuk anda yang bekerja freelance atau tidak terikat jam kantor. Anda lebih bisa menentukan waktu kapan bekerja dan liburan. Jika anda bekerja di kantor, tentu saja anda bisa mengajukan cuti untuk berlibur di hari biasa atau liburan di weekend yang tentunya lebih murah dibandingkan berlibur saat tanggal merah hari besar / musim liburan.

 

4. Patungan biaya berlibur

berlibur bersama teman kerabat
berlibur bersama teman kerabat

Jika anda ingin berlibur hemat dan tentunya lebih asik, terlebih jika anda masih single, ajak teman anda untuk ikut berlibur bersama anda. Dengan mengajak teman anda bisa membagi biaya yang diperlukan dalam berlibur berdua. Tentunya lebih hemat dan lebih seru kan kalo liburan rame-rame.

 

5. Merinci biaya yang diperlukan

Sebaiknya anda membuat rincian biaya minimal dan maksimal yang diperlukan dalam setiap akomodasi liburan anda misal biaya makan, transportasi, hotel, oleh-oleh, tidak terduga dll. Dengan perencanaan budget akan dapat membantu anda mengatur setiap printilan biaya yang anda perlukan dan batas maksimal pengeluaran yang dapat anda tolerir.

 

6. Mencari tempat belanja oleh-oleh yang murah

Jika anda berminat membeli item oleh-oleh di turis spot, sebaiknya urungkan niat anda. Anda bisa mencari tempat belanja oleh-oleh yang lebih murah misal di pasar tradisional oleh-oleh. Selalu coba untuk menawar dan mencari tahu harga secara online terlebih dahulu agar tidak terjebak harga yang mahal.