Batu Ginjal, Penyebab dan Cara Pencegahan nya

Batu ginjal adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam didalam ginjal, timbulnya pengakit batu ginjal inu sering dikaitkan dengan kebiasaan jarang minum.

Kemudian batu inu terbentuk dari limbah dalam darah yang membentuk kristal dan menumpuk diginjal kemudian dengan seiring waktu .

Sumber referensi bionerve.org

Hal tersebut semakin keras hingga menyerypai bentuk batu, untuk batu ginjal yang berukuran besar itu akan membuat nyeri pada pinggang, kemudian nyeri disaat buang air kecil .

Dan batu ginjal dapat dipicu oleh beragam kondisi Seperti kurang minum putih, kemudian mempunyai berat badan yang berlebihan .

 

Kemudian bisa juga karena efek sesudah operasi pada organ pencernaan dan batu ginjal ini dapat terbentuk air seni yang terlalu terkonsentrasi atau tingginya kadar mineral sehingga akhirnya proses pmegrostalan terjadi.

Batu ginjal dengan ukuran yang membesar dapat menyebabkan nyeri pada ginjal kemudian hal lain yang dapat memicu batu ginjal yaitu sebagai berikut:

Adanya riwayat keluarga dengan batu ginjal, kemudian dehidarsi akibatnya kekurangan asupan cairan didalam tubuh, kelebihan berat badan atau obesitas, kondisi ketika masa indeks tubuh melebihi batas odeal.

Pola makan tertentu misalnya saja pola makan yang berfokus ada asupan protein garam, atau gula, kemudian mengalami masalah pencernaan efek samping yang timbul pasca operasi organ pencernaan.

Mengidap kondisi medis tertentu diantaranya adalah hiperparatiroidisme dan diperkirakan 10 persen wanita untuk laki laki 15 persen .

Untuk gejala batu ginjal seringkali baru muncul apabila batu ginjal sudah berukuran besar yaitu sebagai berikut.

Ldbih seringnya buang air kecil kemudian sakit saat buang air kecil, dan jumblah urine yang keluar pun sedikit.

Dan untuk pengobatan batu ginjal yang berukuran besar dapat menimbulkan kompilkasi , seperti cidera pada ureter, peredaran dalam tubuh, dan untuk pengobatan batu ginjal dan pengobatan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut :

Pemberian obat obata, bedah terbuka , prosedir lain seperti extracorporeal shock wake lithovtripsy( ESWL), Dan untuk pencegahan batu ginjal kita disarankan untuk memperbanyak minum air putih.