Belajar Agama Islam Di Mulai Dari Mana?

belajar agama islam di mulai darimana

Belajar Agama Islam di Mulai Dari Mana?

Pertanyaan ini mungkin terkesan remeh, atau pertanyaan ini pasti dari mualaf atau orang yang baru masuk islam, memang benar, pertanyaan ini adalah pertanyaan dari orang yang baru masuk islam. Tapi jangan salah, pertanyaan ini kalau di gali ke dalam diri kita, pasti kita akan bingung juga.

Karena kebanyakan orang awam acuh terhadap agamanya, karena mereka tidak punya konsep tentang kehidupan agama atau akhirat, jadi dalam fikiran kita, kita itu sudah islam dan islam yang kafah, padahal nol besar.

Inilah pentingnya belajar agama agar kita merasa bodoh, karena kenyataannya kita memang bodoh dalam ilmu agama, tapi karena tidak belajar maka menganggap kita sudah sempurna dan pintar dalam beragama.

Kembali ke pertanyaan awal, belajar agama islam itu di mulai dari mana? Akan kami jabarkan jawaban dari pertanyaan ini.

Tahap Awal Adalah Belajar Aqidah

Belajar agama islam itu di mulai dengan memahami aqidah kita, ya pelajaran pertama yang harus di gali adalah tentang aqidah, karena aqidah adalah asas atau pokok dari agama islam, dan setiap muslim harus paham tentang aqidahnya.

Baca Juga: Doa Sebelum Belajar

Pelajaran kedua adalah kita memahami dan melaksanakan kewajiban yang sudah di tentukan oleh syariat, seperti sholat 5 waktu, subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya, lalu fiqih puasa ramadhan, zakat dan kewajiban yang lainnya.

Setelah mengetahui tentang hukum ibadah wajib, maka beranjak ke pelajaran ahlak, yaitu bagaimana kita bermuamalah dengan manusia sekitar kita, juga ahlak kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kapan Waktunya Belajar Baca Al Quran

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah dimana atau kapan saya belajar baca Al Qur’an?. Baca Al Qur’an bisa bersamaan atau dimulai saat belajar ilmu aqidah, dan intinya adalah belajar runut dari awal sampai akhir, setelah semua kita kuasai beranjak ke ilmu yang lebih advance, seperti belajar bahasa arab, belajar hadits dan membedah kitab karya ulama terdahulu atau salaf.

Itulah urutan atau prioritas dalam belajar agama, coba sekarang kembali ke diri kita, apakah kita sudah menguasai ilmu limu yang kami jabarkan di atas, jika belum maka segera belajar dan kejar ketertinggalan kita dalam ilmu agama.

Ingat semua yang kita lakukan akan mendapatkan ganjaran nya apakah pahala atau siksa, dan dengan belajar juga mengamalkan ilmu yang kita pelajari maka kita akan mendapatkan pahala yang sangat besar, dan inilah seharusnya cita cita seorang muslim, yaitu mengumpulkan amal sebanyak banyaknya untuk bekal kelak di akhirat.

Artikel singkat ini kami sadur dan tulis ulang dari sumber https://penaungu.com. Semoga bermanfaat.