Belajar Sejarah Indonesia dengan Menyusuri 5 Candi-Candi Kecil Di Yogyakarta

Tidak banyak wisatawan yang mengetahui kalau di Jogja terdapat beberapa candi-candi kecil yang indah dan mempesona. Candi-candi itu banyak berada di di kawasan Prambanan dan Kalasan. Wisatawan pada umumnya hanya mengetahui tentang Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko yang berukuran besar. Seiringnya dengan perkembangan dunia pariwisata di daerah ini. Candi-candi kecil yang dulunya kurang populer mulai dipromosikan dan dikembangkan sehingga bisa menjadi tujuan wisata alternatif bagi wisatawan yang ingin wisata murah di Jogja. Objek wisata ini bisa menjadi paket wisata Jogja murah.

Beberapa buah candi kecil yang ada di Jogja antara lain: Candi Sari, Candi Sambisari, Candi Ijo, Candi Kalasan, dan masih banyak lagi candi kecil lainnya. Candi-candi tersebut memang memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri-sendiri. Berikut penjelasan singkat mengenai candi-candi tersebut:

  1. Candi Sambisari

Candi ini terlihat berdiri dengan gagahnya di sebuah cekungan tanah di Purwomartani, Kalasan, Sleman. Candi Sambisari terlihat unik karena berada di sebuah cekungan yang mana pengunjung bisa memandanginya dari atas. Dibangun pada abad ke-9, Candi Sambisari merupakan salah satu peninggalan purbakala dari masa pemerintahan Mataram Kuno. Candi ini sering dikunjungi warga Jogja yang ingin bersantai di candi khususnya sore hari.

  1. Candi Ijo

Jika Sambisari berada di sebuah cekungan maka Candi Ijo berdiri di atas bukit yaitu Bukit Ijo. Candi ini berlokasi di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi Ijo dibangun era Mataram Kuno pada abad ke-10 hingga 11 masehi. Candi Ijo merupakan candi dengan lokasi tertingi di Jogja. Pengunjung menyukai candi ini karena mereka dapat menyaksikan kehebatan arsitektur masa lalu juga bisa menyaksikan matahari terbenam yang sangat indah di sini.

  1. Candi Kalasan

Masih di Sleman, candi kecil yang indah berikutnya adalah Candi Kalasan. Candi ini adalah salah satu candi tertua yang ada di Jogja dan dibangun pada abad ke-8. Candi Kalasan merupakan merupakan candi Budhha. Candi Kalasan diklaim memiliki relief terbaik pada masanya sehingga banyak peneliti yang datang untuk melihat dan meneliti keindahan dari relief yang ada di Candi ini. Wisatawan yang datang ke candi ini bersantai bersantai sembari memandangi keindahan karya nenek moyang yang luar biasa ini.

  1. Candi Plaosan

Candi Plaosan adalah candi Buddha yang dibangun pada abad ke-9 pada era Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan sekitar satu kilometer arah utara dari Komplek Candi Prambanan. Keunikan dari candi ini adalah lokasinya yang berada di tengah pesawahan yang membuatnya tampak berdiri dengan gagah. Candi ini terdiri dari dua komplek yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Wisatawan umumnya mengunjungi Plaosan Lor karena masih utuh bentuk candinya. Terdapat 2 candi kembar yang melambangan pria dan wanita yang ada di komplek ini dan kondisi bangunanya masih sangat bagus. Di sekeliling candi utama terdapat puluhan candi kecil yang menjadi candi pendamping sayangnya sudah banyak yang hancur.

  1. Candi Sari

Candi Sari merupakan candi umat Buddha yang didirikan pada abad ke-8 Masehi. Candi ini mempunyai keunikan tersendiri karena diperkirakan terdapat 2 buah lantai di struktur bangunannya. Lantai pertama diperkirakan digunakan sebagai acara keagamaan sedangkan lantai kedua digunakan sebagai tempat para biksu  beristirahat dan juga untuk menyimpan benda-benda keagamaan. Candi Sari diperkirakan menjadi kediaman dari para biksu pada masanya.

Demikian penjelasan singkat kami tentang candi-candi kecil dan menjadikannya paket wisata Jogja. Masih banyak candi kecil lainnya yang akan kami bahas dilain kesempatan. Jika Anda ingin berkunjung ke candi-candi tersebut, Anda bisa menyewa kendaraan dan jika datang dalam rombongan besar bisa sewa mobil Jogja.