Cara Membersihkan Karat Pada Strap Jam Tangan Wanita Dengan Solar

Bagi kaum hawa, perhiasan merupakan salah satu benda yang harus dimiliki dan dipakai pada beberapa kesempatan tertentu. Perhiasan yang biasa dipakai wanita sendiri terdiri dari berbagai jenis mulai dari gelang, kalung, anting-anting, cincin, bahkan jam tangan. Semua jenis perhiasan tersebut biasa dipakai oleh para wanita di berbagai jenis acara dan kegiatan yang berbeda-beda.

Diantara beberapa jenis perhiasan yang biasanya dipakai oleh para wanita, jam tangan merupakan perhiasan yang multifungsi. Selain sebagai perhiasan, fungsi lain dari jam tangan pada wanita tentunya juga sebagai alat penunjuk waktu yang efisien. Dan terkadang, jam tangan dikombinasikan dengan jenis perhiasan lainnya sehingga bisa lebih meningkatkan rasa percaya diri si penggunanya.

Minat pada jam tangan wanita yang tinggi juga membuat banyak perusahaan jam tangan membuat jam tangan khusus untuk wanita. Beberapa perusahaan jam tangan membuat beberapa produk jam tangan khusus wanita seperti jam tangan wanita Casio, Fossil, hingga Michael Kors. Jenis jam tangan yang dibuat pun juga sangat beragam baik dari segi harga, kualitas, hingga jenis jam tangannya.

Biasanya, jenis jam tangan wanita terbuat dari bahan logam atau stainless steel yang umumnya lebih terlihat elegan. Disamping itu untuk strap pada jam tangan wanita lebih bervariasi bahan yang digunakan mulai dari stainless steel hingga kulit. Bahan-bahan tersebut membuat jam tangan lebih menarik dan memiliki tampilan yang lebih elegan jika dikombinasikan dengan baik.

Namun, terkadang bahan-bahan tersebut sangat mudah kotor dan rusak sehingga mengurangi penampilan jam tangan bahkan penggunanya. Khususnya untuk jenis jam tangan wanita yang terbuat dari jenis logam biasanya cukup mudah untuk berkarat. Noda karat tersebut biasanya cukup sulit dihilangkan, namun terdapat beberapa cara untuk mengatasinya salah satunya dengan menggunakan solar.

Berikut adalah cara membersihkan karat pada jam tangan wanita dengan menggunakan solar:

Siapkan solar terlebih dahulu

Pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan karat yang membandel pada strap jam tangan wanita adalah dengan menyiapkan solar. Solar yang diperlukan tidak begitu banyak, sehingga cukup beli saja satu liter untuk persiapan membersihkan karat pada strap jam tangan. Nantinya solar akan digunakan sebagai media perendam untuk mengangkat dan menghilangkan karat yang ada di strap jam tangan.

Siapkan mangkok dan tuang solar ke dalamnya

Kedua, selanjutnya setelah solar sudah disiapkan, ambil mangkuk dan tuangkan solar ke dalam mangkuk tersebut secukupnya. Gunakan mangkuk yang berukuran lebih besar dari ukuran strap jam tangan wanita yang akan dibersihkan karatnya. Tuangkan solar ke dalam mangkuk sebanyak takaran yang kemungkinan bisa merendam seluruh bagian strap jam tangan wanita yang berkarat tadi.

Rendam jam tangan dalam wadah berisi solar

Ketiga, setelah solar tersebut dituang ke dalam mangkuk, langkah selanjutnya adalah memulai merendam strap jam tangan yang berkarat ke dalamnya. Pastikan bagian strap jam tangan yang berkarat sudah terendam sepenuhnya di dalam solar tersebut dan biarkan semalaman. Ketika telah direndam selama satu malam, barulah angkat strap jam tangan tersebut dan keringkan sebelum memulai proses selanjutnya.

Gosok bagian yang berkarat dengan kain kering atau sikat

Keempat, langkah selanjutnya setelah jam tangan kering, maka gosoklah bagian yang berkarat dengan sikat atau kain kering. Gosok semua bagian yang berkarat dengan kain secara perlahan atau dengan menggunakan sikat secara hati-hati agar tidak merusak lapisan strap.

Bilas dengan air bersih

Kelima, setelah digosok dengan menggunakan kain atau sikat, selanjutnya bilas dengan air bersih agar karat juga larut dalam bilasan air. Biasanya dalam proses pembersihan menggunakan solar akan menyisakan sisa aroma solar, untuk menghilangkannya cukup dicuci seperti biasa dengan sabun.