Assalamualaikum Wr. Wb. kali saya akan memberi tahu tentang cara membuat kue sus kering tanpa oven. Kue sus kering cocok digunakan sebagai camilan dan juga bisa untuk dijadikan sebagai kue hari raya. Pembuatan kue kering ini praktis dan bahan-bahan yang digunakan mudah didapat.

Cara Membuat Kue Sus Kering

Kue sus bering berikut ini bisa menjadi camilan untuk nonton film bersama pasangan atau keluarga di rumah. Yuk, langsung saja simak resep mudah cara membuat kue kering super simpel ini.

Bahan-bahan :

– 125 gram margarin
– 125 gram tepung terigu
– 250 ml air/susu
– 3 butir telur
– 1/4 sdt garam
– 1/4 sdt baking powder

Cara Membuat Kue Sus Kering :

  1. Didihkan margarin, air dan garam. Tambahkan tepung dan baking powder ke dalam campuran air margarin. Masak sampai halus dengan api kecil. Setelah mengeluarkan panas, matikan api, biarkan adonan menghangat.
  2. Setelah adonan panas, masukkan telur satu per satu sambil diaduk hingga adonan kalis. Sambil menunggu adonan memanas, oven bisa dipanaskan terlebih dahulu 200 derajat.
  3. Setelah adonan kalis, letakkan di dalam kantung yang diberi spuit bintang atau kerang. Tekan loyang yang sudah diolesi minyak atau dilapisi kertas roti. ( Anda bisa menggunakan alat pembagi adonan )
  4. Tempatkan di oven paling bawah. Panggang selama 25-30 menit dengan suhu 200 derajat Celcius. Kemudian turunkan suhu selama 30-40 menit menjadi 130-150 derajat Celcius. Keluarkan dari oven segera setelah masak, tunggu hingga dingin, masukkan ke dalam panci

Baca juga : cara membuat cookies tanpa oven

Cara Membuat Kue Sus Basah

Menggiurkan dan lembut di lidah, kue sus basah ini akan semakin gurih dengan isian vla. Yap, tentunya anda bisa banget membuat sajian istimewa ini di rumah. Dijamin sekeluarga pasti senang ngemil lebih banyak dan bisa gendut bareng, hehe. Yuk, langsung saja simak resep bikin kue sus basah dengan vla berikut ini.

Bahan-bahan :

– 60 gram margarin
– 120 ml air
– 70 gram tepung terigu
– 2 butir telur
– Sejumput garam

Bahan vla :

– 350 ml susu cair
– 6 sdm gula pasir
– 1/4 sdt vanili bubuk
– 1 butir kuning telur
– 4 sdm tepung maizena
– 1 sdm margarin

Cara Membuat Kue Bus Basah :

  1. Buat kulit susu melalui air mendidih, margarin dan garam. Kecilkan api, tambahkan tepung, aduk rata dan masak selama 2 menit lalu matikan api.
  2. Biarkan dingin selama sekitar 5 menit. Kocok 2 butir telur dalam wadah lalu masukkan ke dalam adonan di atas dan aduk hingga tercampur rata. Aduk terus sampai rata dan halus dengan spatula.
  3. Masukkan ke dalam piping bag, lalu berikan spuit dan semprotkan ke dalam loyang yang sudah diberi kertas baking, panggang selama 20 menit dengan suhu 200 derajat celcius, kemudian turunkan menjadi 180 derajat celcius, keluarkan dan biarkan. keren.
  4. Membuat puding dengan menyiapkan wadah, tambahkan susu cair, gula pasir, susu bubuk, kuning telur dan tepung maizena lalu aduk hingga gula larut. Ayak adonan lalu tuang ke dalam wajan, masak hingga mendidih, tambahkan margarin, aduk hingga mengental.
  5. Di dalam panci, aduk terus dengan api kecil, jika ada yang mulai meludah keluar dan mendidih sebentar, aduk rata, lalu tambahkan margarin, terus diaduk lagi hingga kalis, kental dan halus, lalu matikan api.
  6. Tempatkan di dalam mangkok yang dilapisi plastik pembungkus hingga menyentuh permukaan puding. Dinginkan sebentar lalu letakkan dalam wadah yang juga berisi jarum suntik.
  7. Potong kulitnya, isi puding dengan menyemprotkan adonan ke dalam kulit saus. Taburkan gula halus di atas kue sus, jika suka, lalu sajikan.

Baca juga : resep kue tradisonal nusantara

Sekian dari artikel saya tentang cara membuat kue sus kering tanpa oven, semoga artikel saya bermanfaat, dan jika anda ingin mencoba membuat anda bisa melihat tutorial di atas.

Terima kasih 🙂