Cara Mengatasi Force Close di e-Football PES 2020 Mobile

Game force close atau keluar sendiri/berhenti tiba-tiba adalah masalah yang sering sekali dirasakan saat main Game Bola Android. Tidak hanya berlaku untuk game berat saja, bahkan game ringan juga bisa saja merasakan force close tanpa diketahui penyebabnya. Hal yang sama juga sering dirasakan gamer saat main game e-Football PES 2020. Ya, force close di game e-Football PES 2020 Mobile ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu dari file sistem game, sistem android, atau pun karena kapasitas HP yang tidak memadai.

Apapun penyebab e-Football PES 2020 keluar sendiri atau merasakan force close, yang terpenting adalah bagaimana cara untuk mengatasinya. Cara menanggulangi force close di game e-fooball PES 2020 Mobile android ukup mudah. Bahkan anda yang masih pemula juga dapat melakukannya tanpa belajar lama. Berikut tips menanggulangi game e-Football PES 2020 Mobile force close selengkapnya!

Penyebab dan Cara Mengatasi Force Close di e-Football PES 2020 Mobile

Game e-Football PES 2020 Mobile sendiri sudah bisa diunduh melalui Google Play Store sejak tanggal 18 Oktober 2019. Hanya saja fitur-fiturnya yang ada di dalamnya, seperti mode permainan, event dan lainnya belum tersedia. Dijadwalkan semua fitur di e-Football PES 2020 Mobile dapat diakses sarat pada hari Kamis, tanggal 24 Oktober 2019 mendatang.

Meski begitu, sudah banyak yang mulai memainkan Game Bola garapan KONAMI ini. Akan tetapi,  banyak dari mereka yang mengeluhkan jika cukup susah untuk masuk ke dalam game. Di samping itu, beberapa pemakai juga punya masalah game yang tidak jarang berhenti atau keluar sendiri.

Sebelum lanjut ke cara mengatasi force close di e-Football PES 2020 Mobile, ketahui terlebih dahulu apa penyebab game PES 2020 Mobile keluar sendiri atau force close tersebut.

Adapun penyebab e-Football PES 2020 Mobile force close atau keluar sendiri, antara lain:

• Terjadi corrupt pada file game e-Football PES 2020 Mobile.
• Ruang RAM terlalu penuh  sehingga tidak dapat menjalankan e-Football PES 2020 Mobile.
• File Cache atau file sampah yang tersimpan di RAM.
• Terjadinya kekeliruan sistem saat menjalankan game e-Football PES 2020 Mobile.
• Spesifikasi HP yang memang tidak cukup memadai untuk memainkan game e-Football PES 2020  Mobile.
• Pengaturan di HP android yang salah, sehingga mengakibatkan game e-Football PES 2020 Mobile tidak dapat dibuka atau dijalankan.

Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, pasti kita bisa lebih mudah memahami bagaimana cara mengatasi masalah force close di e-Football PES 2020 Mobile ini.

Sebelum lanjut ke cara mengatasi masalah force close di game e-Football PES 2020 Mobile, ketahui terlebih dahulu spesifikasi minimum HP untuk main game tersebut. Karena pada umumnya, masalah ini diakibatkan oleh spesifikasi perlengkapan HP android yang tidak memenuhi syarat untuk memainkanya.

Adapun kriteria spesifikasi minimum HP untuk main game e-Football PES 2020 Mobile, yakni:

• Prosesor: Quad Core ke atas
• RAM: 2GB
• Versi Android: OS Android 5.0 Lollipop
• Memori Internal: Tersedia ruang kosong paling tidak 2GB

Informasi di atas hanyalah kriteria minimum HP saja, lebih dianjurkan untuk memakai HP yang spesifikasinya lebih tinggi dari yang di atas. Dengan begitu, kegiatan memainkan game e-Football PES 2020 Mobile akan lebih fasih dan seru tanpa adanya masalah. Sementara untuk cara mengatasi e-Football PES 2020 Mobile tidak bisa dibuka atau force close, sebagai berikut:

1. Melakukan Restart HP

Cara yang pertama yaitu dengan melakukan restart HP android. Cara ini adalah yang sangat mudah untuk dilakukan. Melalukan restart nantinya akan menghapus file cache atau sampah yang tersimpan di dalam RAM, sehingga ruang di RAM menjadi kosong kembali.

Di samping itu, melakukan restart HP juga dapat mengatasi begitu banyak masalah kekeliruan sistem, termasuk kekeliruan saat menjalankan game e-Football PES 2020 Mobile. Jika telah direstart, coba jalankan kembali game e-Football PES 2020 Mobile.

2. Menghapus File Cache Game

Jika merestart HP belum bisa mengatasi masalah game e-Football PES 2020 Mobile force close, cobalah cara satu ini. File Cache sebetulnya sangat diperlukan untuk mempercepat waktu loading game di momen ke 2 dan seterusnya. Tetapi terkadang file cache yang terlalu lama disimpan, bisa menjadi penyebab e-Football PES 2020 Mobile error. Salah satunya adalah game e-Football Pro Evolution Soccer 2020 Mobile yang keluar secara tiba-tiba seperti ini.

Untuk menghapus file cache game e-Football PES 2020 Mobile sangat mudah, inilah langkah-langkahnya:

• Masuk ke menu Pengaturan.
• Scroll ke bawah, kemudian pilih pilihan Aplikasi.
• Cari dan pilih game e-Football PES 2020 Mobile.
• Klik pada pilihan Penyimpanan.
• Klik pada tombol Hapus Cache/Hapus Memori.

3. Menghapus File Data Game

Sudah melakukan hapus cache tetapi game e-Football PES 2020 Mobile tetap merasakan error atau force close? Cobalah cara satu ini yaitu dengan menghapus seluruh data yang ada di dalam game. Menghapus data game akan dapat mengatasi masalah file sistem game yang bobrok atau corrupt.

Perlu diingat, menghapus data game akan membuat semua data di dalamnya akan hilang. Termasuk data login, pengaturan, dan lain sebagainya. Jadi, usahakan anda lakukan penautan game e-Football PES 2020 Mobile ke ID KONAMI atau Google Play Game supaya data game tetap aman. Untuk langkah-langkah menghapus data game, sebagai berikut:

• Masuk ke menu Pengaturan.
• Scroll ke bawah, kemudian pilih pilihan Aplikasi.
• Cari dan pilih game e-Football PES 2020 Mobile.
• Klik pada pilihan Penyimpanan.
• Klik pada tombol Hapus Data.

Setelah itu, usahakanlah buka kembali game e-Football PES 2020 Mobile. Jika sudah bisa, silahkan anda lakukan restore akun e-Football PES 2020 Mobile melalui akun ID KONAMI atau Google Play Game yang anda tautkan tadi. Jika cara ini belum berhasil, cobalah cara berikutnya di bawah ini.

4. Uninstall dan Install Ulang Game

Cara menanggulangi e-Football PES 2020 Mobile berhenti sendiri selanjutnya yaitu dengan melakukan uninstall game e-Football PES 2020 Mobile. Cara ini seringkali sangat ampuh mengatasi begitu banyak masalah dalam game, termasuk juga masalah force close atau keluar sendiri.

Jika sudah diuninstall, sebelum menginstallnya kembali usahakan anda lakukan hapus cache android. Agar lebih maksimal lakukan restart HP terlebih dahulu, kemudian usahakanlah install ulang game e-Football PES 2020 Mobile. Sama seperti sebelumnya, usahakan anda tautkan terlebih dahulu akun e-Football PES 2020 Mobile ke ID KONAMI atau Google Play Game.

5. Melakukan Pengaturan via Developer Option

Cara satu ini bisa dibilang cukup ampuh menanggulangi force close dan crash issue di game e-Football 2020 Mobile. Karena kita diharuskan untuk melakukan beberapa pengaturan via pengembang option, maka harus menggiatkan terlebih dahulu fitur pengembang pilihan tersebut. Untuk penataan di beberapa merek atau tipe HP mungkin berbeda-beda. Saya sendiri melakukan cara ini di HP Xiaomi.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

• Masuk ke menu Settings atau Setelan.
• Kemudian masuk ke pilihan About Phone.
• Selanjutnya pada pilihan MIUI version anda tap beberapa kali sampai mode pengembang option bisa       diaktifkan.
• Kembali ke menu Settings, kemudian scroll ke bawah dan klik pilihan Additional Settings.
• Scroll lagi ke bawah, lalu masuk ke pilihan Developer Options.
• Kemudian slide tombol ke kanan pada pilihan Force 4x MSAA dan Disable HW Overley.

Jika sudah melakukan pengaturan di atas, selanjutnya anda coba buka kembali game e-Football 2020 Mobile. Dijamin game tidak akan merasakan force close atau crash lagi.

Itulah tadi beberapa cara menanggulangi force close di e-Football 2020 Mobile sangat mudah dan ampuh. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi website kami supaya kamu semakin banyak tahu!