Ciri-ciri furniture jati yang asli dan cara mengetahui nya

kayu jati memiliki serat kayu yang sangat padat, memiliki serat kayu yang kuat dan memiliki bobot yang berat.
ketika membeli sebuah furniture jati.

karakteristik kayu jati yang telah disebutkan tadi tentunya tak boleh untuk dilupakan, karena itu merupakan beberapa keunggulan yang ada pada kayu jati dan salah satu yang memnjadi pembeda antara kayu jati dengan jenis kayu lainnya, seperti kayu mahoni (mahogany) jika sobat perhatikan, kayu mahoni juga mrupakan salah satu kayu yang banyak menjadi favorit para pembali, karena kayu mahoni tergolong kayu yang kuat, namun berbeda dengan kayu jati, kayu mahoni merupakan jenis kayu yang ringan dan serat kayunya juga tak sekuat kayu jati.

Mungkin butuh : portacamp container

warna kayu jati asli terkesan lebih hidup
berbeda dengan kayu lainnya, kayu jati memiliki corak kayu yang snagat indah, pada kayu jati yang sudah tua, kayu jati akan memiki warna coklat merata, karena pigmen warna coklat kayu jati tua akan makin terbentuk.

kontruksi furniture jati jepara sangat kuat
Kayu jati merupakan salah satu kayu yang memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan kayu yang tinggi, untuk itulah sebelum membeli furniture jati, pastikan terlebih dahulu. dengan cara menguji kekuatan furniture, tentunya jika mengujinya jangan terlalu menggunakan metode yang susah.

 

namun cukup dengan cara yang simpel, yaitu dengan cara letakkan tas atau barang lainnya yang tak terlalu berat, namun juga tak terlalu ringan di atas meja yang akan dibeli, duduklah di kursi yang akan dibeli, jika perlu, minta anak Anda untuk menduduki meja untuk mengecek kekuatannya, jika saat dilakukan pengujian kontruksi kurang kuat dan terkesan reyot, lebih baik sobat memikirkan ualng untuk membelinya.

 

namun perlu di ingat, kontruksi yang reyot bukan berarti kayu yang digunakan bukanlah kayu jati, namun bisa juga dipengaruhi oleh pengerjaan para pengrajin yang kurang rapih dan lain sebagainya, untuk itulah Jika sobat memiliki suatu rencana membeli furniture dari bahan kayu jati asli, maka pastikan Anda datang ke tempat yang tepat. Yang terpercaya dan kualitasnya terjamin.

Lihat adanya mata kayu

yang dimaksud disini bukanlah mata kayu yang berlubang (busuk) namun mata kayu yang alami, biasanya pada kayu jati asli bisa dipastikan ada beberapa titik mata pada setiap furniturenya, namun biasanya dalam proses produksi furniture, mata kayu juga sangat dibatasi, karena jika terlalu banyak mata kayunya.

 

kualitas sebuah furniture juga menurun, pada produksi Mebel dengan Grade A pemakaian kayu dengan cacat mata kayu biasanya di batasi dengan hanya 5 titik pada permukaan yang lebar seperti top meja (daun meja) yang besar, 2 titik pada komponen dengan ukuran medium (sedang) seperti pada sandaran kursi tamu dan bangku dan untuk komponen dengan ukuran papan kayu yang kecil biasanya mata kayu akan dibuang (dihindari), karena akan sangat berpengaruh pada kualitas sebuah produk.

 

Sedangkan pada produk Mebel Kayu Jati dengan Grade b dan C toleransi cacat kayu lebih besar meskipun cacat seperti ini tidak selalu di temukan dalam setiap batang kayu jati.