Destinasi Wisata Menarik di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

gilitrans.com sewa hiace ke gunung gede pangrango

Selain taman nasional ujung kulon, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah taman nasional lainnya yang ada di daerah Jawa Barat. Merupakan yang tertua di Indonesia dan didirikan sebagai tempat konservasi ekosistem flora dan fauna yang berada di sekitar pegunungan gede pangrango, Kabupaten Jawa Barat.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango luasnya mencapai 21.975 hektar terdiri dari dua puncak gunung yaitu Gunung Pangrango dan Gudung Gede serta areal hutan dari pegunungan di sekitarnya. Kawasan ini adalah habitat asli dari Elang Jawa, lutung, Surili, dan Owa Jawa yang populasinya terus bekurang. Selain itu ada berbagai jenis anggrek yang bisa ditemukan, hingga spesies tumbuhan lainnya yang belum dikenal.

Sebagai tempat konservasi hewan liar, tercatat ada 100 jenis mamalia yang ada di sini, antara lain Sigung, Macan Tutul, Anjing Hutan, Pelanduk, Kijang, dan 250 Jenis Burung.  DI sini juga ada sejumlah obyek wisata terkenal ketika anda melakukan pendakian ke puncak, yaitu :

  • Air Terjun Cibereum

Ketinggiannya mencapai 50 meter dan lokasinya dari Kebun Raya Cibodas berjarak kurang lebih 2.8 km. Airnya sangat jernih dan udaranya sangat sejuk.

  • Sumber Air Panas

Berjalan selama 2 jam dari Cibodas, anda akan menemukan sumber air panas.

  • Kandang Badak

Selama melakukan pendakian ke arah puncak Gunung Gede, para pendaki bisa menginap di sini dengan mendirikan tenda.

  • Telaga Biru

Dari pintu masuk Cibodas, tempat ini berjarak kurang lebih 1.5 km. Ketinggiannya dari muka laut sekitar 1575 mdpl. Air danau kecil ini berwarna kebiru-biruan ketika terkena sinar matahari.

  • Alun-Alun Surya kencana

Di sini terdapat padang edelweiss, sangat luas dan sangat indah. Jaraknya dari Cibodas, kurang lebih sejauh 6 jam perjalanan.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah sebuah kawasan rekreasi dan pariwisata. Biasa ramai dikunjungi pada hari libur dan akhir pekan. Setelah puas berwisata, anda bisa membeli oleh-oleh berupa buah-buahan segar dan sayuran yang harganya murah di pasar wisata Cibodas.

Pada akhir pekan anda akan menemukan banyak perusahaan tour and Travel yang menawarkan layanan sewa hiace untuk mengunjungi Kawasan wisata ini lengkap dengan guide lokal terpercaya.