Format File Audio MP3 Dan Keunggulan Yang Ditawarkannya

MP3 mengacu pada format pengkodean, yang secara resmi dikenal sebagai MPEG-1 Audio Layer III, untuk audio digital. File khusus MP3 atau mp3 yang berisi aliran dasar data Audio MPEG-2 atau Audio MPEG-1, yang disandikan. Mereka tidak memiliki kerumitan format lainnya. Mari cari tahu lebih lanjut tentang format file MP3 dan kelebihan yang ditawarkannya.

Sejauh menyangkut kompresi audio, MP3 adalah jenis kompresi lossy untuk menyandikan data dengan bantuan data parsial dan perkiraan data yang tidak tepat. Dan ini menghasilkan pengurangan besar dalam ukuran file tidak seperti audio yang tidak terkompresi.

Ukuran kecil dan kualitas audio yang bagus menghasilkan penyebaran file musik yang luar biasa di Internet pada tahun 90-an. MP3 berfungsi sebagai teknologi hebat karena penyimpanan dan bandwidth cukup mahal pada masa itu.

Dalam beberapa tahun, format MP3 menghadapi kontroversi terkait pembajakan musik dan pelanggaran hak cipta. Selain itu, diperkenalkannya pemutar media portabel, termasuk smartphone, format file ini menjadi universal.

Lantas, bagaimana cara kerja kompresi ini? Kompresi ini mengurangi keakuratan bagian suara tertentu yang tidak dapat didengar manusia. Biasanya, metode ini disebut pengkodean persepsi atau pemodelan psikoakustik.

Kemudian informasi audio lainnya direkam dengan tujuan menghemat ruang. Ini dilakukan dengan menggunakan algoritma FFT dan MDCT. Tidak seperti audio berkualitas CD, kompresi audio jenis ini dapat membantu mengurangi ukuran file hingga 95%. Misalnya, jika Anda merekam konversi pada bit rate tetap 128kb / s, ukuran file hanya 9% dari audio CD asli. Pilihan 128Kbps memang paling banyak digunakan saat melakukan download mp3.

Keunggulan MP3

Sekarang, mari kita lihat beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh format file audio MP3. Berdasarkan keuntungan ini, Anda dapat memutuskan apakah harus menggunakan format ini atau memilih opsi lossless.

Salah satu keuntungan utama dari format file ini adalah memungkinkan Anda untuk merekam lagu, pidato, atau percakapan selama berjam-jam tanpa mengorbankan banyak ruang penyimpanan. Seringkali, Anda dapat menghemat hingga 95% ruang penyimpanan. Dan yang hebat adalah kualitas audionya sebanding dengan format lain yang menghabiskan banyak ruang.

Ukuran kecil file audio ini memungkinkan Anda menyimpan ratusan ribu file pada kartu memori kecil atau memory stick. Dengan kata lain, Anda dapat menyimpan lebih dari 170 lagu pada compact disk yang memiliki kapasitas penyimpanan 700MB. Di sisi lain, opsi CDDA tidak memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih dari 15 lagu.

Selain itu, karena ukuran filenya cukup kecil, Anda tidak perlu menghabiskan banyak bandwidth meskipun Anda mengunduh ratusan lagu. Oleh karena itu, MP3 adalah pilihan yang cocok untuk semua jenis pengguna termasuk mimin sendiri.

Keindahan MP3 adalah memungkinkan Anda menyesuaikan tingkat kualitas audio yang Anda butuhkan berdasarkan ruang penyimpanan yang tersedia. Anda dapat memilih antara 32kbps dan 320kbps. Namun, perlu diingat bahwa semakin tinggi kecepatan bit, semakin tinggi ukuran file.

Jadi, ini adalah pengenalan format file MP3 dan keuntungan yang ditawarkannya. Jika Anda tertarik untuk mengunduh file musik mp3 online, Anda dapat melihat downloadlagu345 untuk download lagu terbaru.