Jenis Banner dan Mesin Percetakan Banner

Jenis Banner dan Mesin Percetakan Banner

Belakangan ini, bisnis percetakan banyak dilirik sebagai peluang usaha yang menjanjikan, karena tingginya minat pasar akan kebutuhan cetak. Perkembangan teknologi yang pesat juga semakin mendukung berkembangnya berbagai macam mesin cetak, seperti mesin cetak offset, mesin percetakan banner digital, flexography, dan lain sebagainya.

Setiap mesin juga memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing, sehingga untuk cetak buku dengan cetak banner tentu akan berbeda. Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai macam-macam banner dan mesin yang digunakan, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini:

Jenis Banner dan Kegunaannya

1.   Giant Banner

Sesuai dengan namanya, banner ini memiliki ukuran yang sangat besar dan biasanya diletakkan di sisi luar bangunan. Mulai dari gedung perkantoran hingga mall, sebagai sarana promosi produk atau event tertentu. Karena diletakkan di luar ruangan (outdoor), banner ini dibuat menggunakan bahan flexi yang kuat agar tahan di kondisi yang terik maupun hujan sekalipun.

2. X-Banner

Standing banner atau yang biasa dikenal dengan sebutan X-banner, merupakan jenis banner yang terbuat dari rangka aluminium yang ringan berbentuk X. Banner ini juga terbilang praktis, karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan mudah dipindah-pindah.

X-banner biasanya diletakkan di dalam ruangan (indoor), seperti ruang kantor, ruang seminar, pintu masuk toko, dan lain sebagainya. X-banner juga bisa diletakkan di luar ruangan (outdoor), meskipun kurang cocok karena bobotnya yang ringan dan mudah jatuh ketika diterpa angin.

3.   Mini X-Banner

Mini X-banner memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan X-banner, meskipun prinsipnya tetap sama. Banner jenis ini banyak digunakan untuk sarana promosi dan informasi yang biasanya diletakkan di atas meja. Dari segi bahan rangka yang digunakan, mini X-banner terbagi menjadi 2 macam, yaitu rangka yang dilapisi stainless dan rangka yang tidak diberi lapisan sama sekali.

4.   Y-Banner

Y-banner hampir serupa dengan X-banner, namun bedanya pada bentuk kaki paling bawah terdapat penyangga tambahan berbentuk Y. Banner ini juga memiliki tambahan pada bagian alas bawah agar bisa berdiri dengan lebih kuat dan kokoh. Meski lebih kuat, kepopuleran Y-banner masih kalah dibandingkan dengan X-banner.

5.   Roll Banner

Dibandingkan dengan jenis banner lainnya, roll banner memiliki keunggulan tersendiri, yaitu praktis karena hanya digulung dan untuk menggunakannya cukup ditarik ke atas. Banner ini juga memiliki bobot yang lebih ringan dan mudah dibawa ke mana-mana.

Meskipun bobotnya yang ringan, namun roll banner jauh lebih kuat dan kokoh dibandingkan banner lainnya. Roll banner juga memiliki daya tahan yang tangguh, sehingga cocok digunakan untuk acara atau event di luar ruangan (outdoor).

Jenis Mesin Percetakan Banner

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mesin yang digunakan untuk mencetak banner dengan produk lainnya tentu berbeda. Mesin percetakan banner biasanya menggunakan mesin digital printing outdoor dan mesin digital printing indoor.

Untuk mesin jenis indoor biasanya digunakan untuk mencetak keperluan dalam ruangan seperti stiker, poster, X-banner, dan lain sebagainya. Sementara untuk mesin outdoor biasanya digunakan untuk mencetak kebutuhan luar ruangan, seperti baliho, giant banner, spanduk, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan banner atau kebutuhan cetak lainnya, Only Print adalah pilihan yang tepat. Dengan sistem layanan berbasis online, Anda cukup melakukan pemesanan produk melalui Whatsapp dan pengiriman file melalui email. Kami juga selalu mengutamakan kepuasan Anda dengan memberikan hasil yang berkualitas, namun tetap ramah di kantong.