Keunggulan Dan Kekurangan Kusen Aluminium Yang Perlu Diketahui

Pada masa sekarang ini, popularitas kusen aluminium memang terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya orang yang menggunakannya. Kusen dari bahan aluminium ini banyak dipilih karena dinilai memiliki banyak keunggulan dibandingkan kusen dari bahan kayu. Padahal jika diketahui secara pasti, baik kusen kayu ataupun aluminium mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing.

cek juga kusen aluminium bandung

Lantas, tahukah Anda apa keunggulan dan kekurangannya? Berikut ini beberapa poin kusen dari bahan aluminium yang perlu Anda ketahui:

  • Keunggulan

  1. Tahan Terhadap Cuaca

Karena menggunakan bahan aluminium yang bersifat tahan terhadap korosi dan cuaca, kusen jenis ini juga lebih tahan terhadap panas matahari dan suhu dingin. Oleh karena itu, kusen ini tidak akan terkena efek ataupun berubah bentuk karena pergantian cuaca.

  1. Kuat dan Tahan Lama

Aluminium dikenal sebagai bahan yang memiliki kekuatan cukup baik dan tidak memuai ataupun menyusut. Kusen ini juga tahan terhadap rayap dan jamur sehingga akan lebih baik pastikan memilih kusen pintu aluminium untuk tempat-tempat yang lembab.

  1. Ringan

Memiliki bobot yang ringan, kusen berbahan aluminium tidak akan memberi beban tambahan terlalu besar pada tembok. Hal ini tentu lebih baik karena kusen tidak akan merusak tembok, bahkan cukup mudah jika ingin dipindah.

  1. Banyak Pilihan Warna

Di pasaran, pilihan warna kusen ini tersedia sangat beragam sehingga dapat disesuaikan kebutuhan agar hasilnya serasi. Apalagi warna aluminium juga terkesan lebih modern dan bisa diubah dengan dicat.

  1. Pemasangan dan Perawatan Mudah

Jika dibandingkan kusen kayu, pemasangan serta perawatan kusen pintu dan jendela aluminium lebih mudah dilakukan. Proses pemasangannya relatif cepat dan tidak butuh perawatan khusus agar tetap awet.

baca juga lantai vinyl bandung

  • Kekurangan

  1. Desain Terbatas

Karena kusen dari bahan aluminium tidak dapat diukir atau diberi tambahan ornamen, desain kusen umumnya hanya itu-itu saja. Akibatnya, tidak semua jenis pintu akan cocok menggunakannya.

  1. Harus Dipasang Oleh Tukang

Pemasangannya terbilang susah-susah gampang karena harus dilakukan dengan teliti dan akurat. Untuk itu, pemasangan sebaiknya menggunakan jasa tukang yang telah berpengalaman.

  1. Rentan Bocor

Hal ini bisa terjadi karena pemasangan kusen yang kurang tepat, di mana ada celah antara kusen dengan dinding rumah. Jika turun hujan deras, air bisa saja masuk ke dalam celah sehingga terjadi kebocoran.

Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan kusen aluminium yang perlu Anda ketahui. Jika ingin menggunakan kusen, pertimbangkan hal-hal tersebut agar tidak salah pilih.