Keuntungan Digital Marketing bagi Pengusaha

Saat ini, sebagian besar pengusaha dari skala kecil sampai besar sudah menjalankan digital marketing guna meningkatkan penjualan dan target bisnis. Bagi pengusaha yang belum menerapkan digital marketing, lebih baik segera terapkan mengingat keuntungan besar yang akan diperoleh. Ada beberapa keuntungan digital marketing bagi pengusaha, berikut contohnya.

1. Jangkauan Pasar Luas dan Terarah

Penerapan digital marketing bisa dengan mengunakan SEO, email marketing, dan lainnya untuk memperoleh angka penjualan yang tinggi. SEO menjadikan perusahaan bisa dijangkau oleh calon konsumen di mana saja dan kapan saja. Selain itu, email marketing memungkinkan perusahaan bertemu langsung dengan mengirimkan info promo kepada pelanggan atau calon konsumen baru yang potensial.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Penggunaan teknologi dalam suatu usaha tidak selalu berbiaya mahal. Dengan digital marketing, terbukti lebih hemat daripada dengan menggunakan pemasaran offline melalui iklan maupun keliling untuk menawarkan produk secara langsung. Jika memiliki website produk sendiri dan memiliki kemampuan menulis artikel yang baik, kemungkinan besar akan lebih menekan biaya pemasaran.

Artikel berupa tulisan yang bertujuan untuk mempromosikan produk. Tentu dengan syarat-syarat tulisan artikel SEO agar produk muncul di halaman pencarian Google. Apabila tidak mampu menghasilkan tulisan tersebut, ada pilihan mudah dengan menggunakan jasa penulis artikel.

3. Kemudahan Mengukur Traffic Website

Dengan digital marketing, pengusaha dapat mengetahui secara cepat jumlah pengunjung website. Tidak hanya itu, jumlah halaman yang dikunjungi, jenis alat yang mereka gunakan, dan asal pengunjung juga bisa diketahui dengan digital marketing. Hasil tersebut sebagai acuan untuk menentukan jenis pemasaran mana yang paling sesuai dan efisien.

4. Memperoleh Data Konsumen Baru

Bagi pengusaha, data konsumen merupakan harta karun. Dengan digital marketing, data tersebut dapat diperoleh melalui konten ekslusif di website. Website menyediakan eBook, checklist, atau lainnya. Setiap pengunjung yang mendownload konten tersebut, mereka diharuskan memasukkan kontak pada kolom yang telah disediakan. Data ini juga dapat diperoleh melalui media sosial, berlangganan email pada website, dan event.

Dari beberapa keuntungan digital marketing di atas, terlihat lebih banyak kemudahan yang diperoleh daripada pemasaran secara tradisional. Akan tetapi, apabila memiliki modal yang cukup besar bisa mengkombinasikan keduanya. Sehingga mencapai target penjualan bahkan lebih.