Kesalahan Membersihkan Sofa Beludru Yang Mengakibatkan Warnanya Memudar

Membersihkan sofa beludru butuh treatment khusus. Penanganan yang benar akan membuat penampilan sofa terjaga. Sebaliknya pembersihan asal-asalan bisa membuat tampilan sofa berubah ataupun rusak.

Sebagai pemilik sofa, tentunya Anda tidak ingin kondisi tersebut terjadi. Karena bila itu terjadi, tampilan ruang tamu akan mengecewakan serta menimbulkan ketidaknyamanan ketika dipandang.

Perubahan tampilan ini bermula dari kesalahan mendasar dalam hal pembersihan. Teknik pembersihan yang keliru akan mempercepat perubahan warnanya. Bahkan bisa menimbulkan kerusakan dalam waktu singkat.

Tidak mau mengalaminya, wajib bagi Anda untuk meminimalkan kesalahan ketika mencuci atau membersihkan sofa berbahan beludru tersebut. Nah, apa saja yang bisa menimbulkan masalah tersebut?

baca juga cuci sofa jakarta

Membersihkan Sofa Beludru

Kesalahan pertama ialah menggunakan cairan kimia dalam membersihkan. Perlu diingat bahwa bahan beludru ini tidaklah sekuat bahan lain. Pewarnaan pada bahan akan cepat memudar jika terkena cairan kimia.

Kalau memang ingin menggunakan cairan kimia dalam pembersihan noda, usahakan untuk memilih produk yang tepat. Anda perlu memperhatikan kesesuaian cairan dengan bahan. Biasanya, informasi ini sudah dilampirkan dalam deskripsi produk.

Tetapi paling pas adalah menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Contohnya adalah bahan pencuci piring yang lembut, atau menggunakan cuka. Itupun Anda perlu mengaplikasikannya dengan takaran yang pas.

baca juga cuci springbed jakarta

Kesalahan kedua adalah menyikat bahan terlalu keras. Memang terkadang Anda butuh penyikatan untuk proses pengangkatan noda. Tetapi Anda tetap tidak direkomendasikan untuk menekannya terlalu kuat.

Penekanan terlalu kuat hanya akan membuat bahan cepat rusak. Begitupun dengan warnanya. Untuk itulah, Anda perlu lebih lembut manakala melakukan penyikatan.

Kesalahan ketiga adalah mengeringkannya di bawah terik sinar matahari. Proses pengeringan ini sangat tidak dianjurkan. Meskipun cepat kering, tapi warna sofa akan memudar.

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses pengeringannya? Caranya adalah dengan memanfaatkan kipas angin. Anginkan dengan peralatan tersebut, maka sofa beludru akan mengering dengan cepat.

Kesalahan-kesalahan di atas harusnya dihindari pada saat melakukan proses pembersihan. Dengan meminimalkan kesalahan tersebut, sofa akan lebih awet dan tampak baru lagi. Itulah hal yang perlu Anda pahami tentang membersihkan sofa beludru.