Wisata Budaya ini Wajib Anda Coba di Jogja

jogja tempat wisata

 

Berwisata tidak harus hura-hura atau menghamburkan uang atau hanya diisi dengan hal yang tidak bermanfaat. Namun kita juga perlu mengisi waktu dengan berwisata yang bertujuan untuk keperluan edukasi baik sejarah, budaya, maupun sains.

Kota Yogyakarta sendiri adalah kota yang syarat akan budaya dan sejarah. Bahkan hingga saat ini, sejarah serta kebudayaan di kota Yogyakarta masih sangat terjaga. Warganya sangat mencintai budaya dan tetap berusaha menjaganya hingga turun temurun.

Rekomendasi tempat wisata jogja

1 Kotagede

Kawasan yang terletak di Jogja ini menyimpan banyak cerita sejarah yang berkaitan dengan kerajaan Islam Mataram. Ada banyak bangunan kuno yang usianya bahkan sudah mencapai ratusan tahun dan menjadi saksi sejarah.

Setidaknya anda akan mendapati kurang lebih 170 bangunan kuno yang bersejarah. Diantara bangunan tersebut terdapat makam Raja-Raja Mataram yang memiliki arsitektur Hindu.

Jangan lupakan juga sentra industri perak yang terdapat di Kotagede. Merupakan salah industri yang menarik untuk dikunjungi. Anda dapat berbelanja berbagai produk yang terbuat dari perak.

2 Desa Wisata Kasongan

Desa ini terletak di Bantul dan menjadi salah satu sentra kerajinan gerabah di Jogja. Beragam produk kerajinan yang terbuat dari keramik dan gerabah dapat anda temui disini.

Sentra ini berubah menjadi tempat tujuan wisata seni dan budaya bermula dari tahun 1971. Pada saat itu terdapat seniman besar Jogja bernama Sapto Hudoyo yang mengembangkan kerajinan gerabah dengan nilai seni tinggi.

Beliau membina masyarakat desa untuk mengikuti usahanya dan hingga kini berkembang sangat pesat. Dikarenakan kualitasnya yang tinggi kerajinan gerabah dari Kasongan bahkan di ekspor ke pasa luar negeri.

Cobalah untuk mendatangi tempat ini dan berbelanja beberapa produk. Banyak benda souvenir menarik yang dapat anda temukan mulai asbak, patung, vas, guci, dan sebagainya.

3 Desa Wisata Tembi

Rekomendasi tempat wisata Jogja lainnya yang berkaitan dengan budaya adalah desa wisata Tembi. Tempat ini juga terdapat di Bantul dan masuk ke dalam wilayah pedesaan yang kental dan sarat akan budaya Jawa.

Anda yang menyukai dan mengagumi batik wajib untuk datang kesini karena tempat ini menawarkan keseruan dan keindahan kesenian batik. Desa wisata Tembi merupakan perpaduan antara wisata edukasi budaya dan seni, sehingga membuat anda betah untuk berwisata disini.

Desa ini menawarkan paket wisata Jogja berupa kegiatan membatik membuat tembikar, membajak dan menanam padi, game tangkap itik dan belut, naik dokar keliling desa dan paket kesenian angklung serta kesenian musik lainnya.

4 Wisata Candi Ijo

Berwisata candi di Jogja memang tidak ada habisnya, mulai dari Prambanan, Borobudur, Ratu Boko dan ada lagi wisata Candi Ijo. Tempat ini berlokasi di wilayah Sleman, Yogyakarta dan terletak pada ketinggian 400 m di atas ketinggian air laut.

Candi ini dibangun pada abad ke 9, dan memiliki 17 struktur bangunan yang terdiri dari 11 teras berundak. Bangunan teras tersebut dibangun berdasarkan tingkat kesakralan. Dimana diantara candi di komplek wisata tersebut, terdapat Candi Teras 9 yang cukup misterius.

5 Museum Anak Kolong Tangga

Tempat ini terletak di bawah kolong tangga concert hall Taman Budaya Yogyakarta. Museum ini sangat unik karena berisikan mainan anak di Yogyakarta serta menjadi museum mainan anak pertama di Indonesia.

Lebih dari 10.000 koleksi terdapat di Museum ini, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar negeri. Ajak anak anda ke tempat ini agar mereka mengenal beragam mainan dan seluruh negeri yang mengandung tradisi, budaya dan mitos tertentu.

Wisata Kuliner Jogja Enak dan Murah

Kuliner merupakan salah satu daya pikat kota Jogja. Beragam kebudayaan, tradisi, dan juga kreativitas membuat kota Jogja tidak pernah kehabisan objek wisata kuliner yang dapat kita kunjungi dan nikmati.

Menu-menu tradisional yang menggugah selera banyak terdapat di kota Jogja. Menariknya cita rasa tradisional tersebut dapat bercampur dengan apik dengan kreativitas modern. Meskipun didominasi oleh rasa manis dan gurih di lidah, saat ini kuliner Jogja sudah bergeser dan ditambahkan dengan rasa pedas. Berikut rekomendasi wisata di Jogja yang memiliki cita rasa kuliner menggoda

Pasar Beringharjo

Tempat yang terletak paling dekat dari Malioboro dan stasiun Tugu ini harus anda masukkan daftar wajib kuliner di Jogja. Pasar yang legendaris ini menawarkan beragam menu makanan, khususnya sarapan yang tradisional dan lezat.

Mulai dari nasi pecel, sego empal, sate kere yang gurih, dan beragam kuliner lainnya terdapat disini. Anda juga akan mendapati pedagang yang menjajakan jajanan pasar seperti cenil, klepon, gethuk, serta wedang ronde di sekitar pasar.

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Rasa pedas, manis, gurih yang bercampur jadi satu membuat tempat ini mengharuskan kita untuk ekstra sabar mengantri. Rasa oseng-oseng dengan bahan baku koyoran (lemak daging sapi) ini terasa sedap disantap bahkan di siang hari.

Tempat makan yang berlokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Jl, Purwodiningrata No. 110, Ngampilan, Kota Yogyakarta ini buka dari pukul 17.00 WIB sampai dengan 00.00 WIB. Dengan merogoh kocek tidak lebih dari Rp 50 ribu, anda sudah mendapatkan sepiring nasi hangat dengan lauk pedas yang lezat.

Sego Godog Pak PethelOseng-Oseng Mercon Bu Narti

Sego Godog (nasi rebus) mungkin masih terasa asing dan aneh di telinga anda. Namun kuliner ini sangat menarik untuk dicoba dan yang jelas menggoda selera. Dengan bahan utama berupa nasi yang direndam oleh kuah pedas, kuliner ini semakin nikmat karena dilengkapi dengan ayam suwir, kubis, wortel, kaldu dan bawang seledri.

Salah satu tempat yang menyediakan kuliner ini adalah Warung Pak Pethel. Tempat makan ini terletak di Dusun Bandung, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Sekilas Sego Godog ini mirip dengan bakmi rebus jawa. Yang jelas keduanya membuat anda ketagihan.

Mie Ayam Bu Tumini

Mie ayam satu ini terkenal dengan rasanya yang enak dan legendaris.Meskipun kuliner mie ayam banyak ditemui diberbagai tempat, tapi cita rasa mie ayam Tumini memang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Warung ini telah buka kurang sejak awal tahun 1990-an, dan terletak di Jl. Imogiri Timur No. 187, Giwangan, Umbulharjo. Dari pusat kota hanya membutuhkan waktu kurang lebih 16 menit.

Dengan harga berkisar antara Rp 8 ribu – 22 ribu untuk mie ayam ekstra Jumbonya, dijamin anda akan ketagihan dan ingin datang ke tempat ini lagi.

Mas Kobis

Tempat favorit mahasiswa ini masih eksis hingga saat ini. Dengan harga cukup Rp 10 – 15 ribu anda sudah dapat makan ayam geprek atau ayam penyet lengkap dengan es teh atau es jeruk.

Kuliner satu ini memang terkenal dengan makanan pedasnya (geprek atau penyetan sambal). Sensasi pedasnya cukup membuat keringat anda bercucuran, dan menariknya anda bisa request jumlah cabai yang anda inginkan.

Disini selain ayam juga terdapat menu lele, terong dan kubis goreng, telur, tahu dan tempe yang di geprek atau penyet. Ada beberapa cabang Mas Kobis di Jogja salah satunya di Jl. Alamanda, Mrican (selatan Selokan Mataram Kampus UNY).

Itulah beberapa wisata kuliner jogja yang dapat anda kunjungi, wisata kuliner khas jogja diatas sudah menjadi tempat kuliner favorit bagi para wisatawan baik asing maupun dalam negeri.

Tips Mencari Transportasi yang Tepat di Jogja

Saat ini objek wisata di Jogja tidak hanya berada di pusat Kota. Banyak lokasi yang mulai bermunculan dan menjadi ikon atau destinasi wisata baru di Jogja. Baik itu yang bersifat wisata edukasi, alam, budaya, seni, maupun kuliner.

Tidak puas rasanya jika hanya menghabiskan waktu di sekitaran kota saja. Sebut saja Bantul, Gunung Kidul, dan Kulon Progo yang sekarang telah berubah menjadi tempat tujuan wisata baru di Jogja.

Gunung Kidul sendiri punya sederet wisata alam yang tidak boleh anda lewatkan. Sayang rasanya jika sudah datang ke Jogja tapi tidak mampir pantai di sekitar Gunung Kidul.

Atau mencoba desa wisata di Bantul serta kulinernya yang selalu menggugah rasa. Pun dengan Kulon Progo yang saat ini semakin berbenah dan menunjukkan eksistensinya setelah terdapat bandara baru yang dibangun dan dioperasikan beberapa waktu belakangan.

Nah, kali ini kami akan membahas beberapa hal terkait tips memilih transportasi yang tepat selama berada di Jogja :

Jalan Kaki

Jika ditanya apa transportasi yang tepat jika duit anda pas-pasan selama di Jogja. Plus jika anda ingin menikmati suasan sendu dan ikut berbaur dengan warga sekitar, maka jalan kaki bisa menjadi opsi yang terbaik untuk anda.

Cukup mencari tempat menginap yang paling dekat dengan area wisata, maka anda tidak perlu repot memikirkan transportasi apa yang harus anda pilih. Misalnya saja jika anda menginap di kawasan Malioboro atau stasiun Tugu, banyak lokasi wisata yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki.

Trans Jogja / Bus Kota

Untuk anda yang ingin berkunjung ke beberapa lokasi wisata yang cukup jauh dari penginapan namun masih dalam lingkup pusat kota, trans Jogja mungkin bisa menjadi pilihan yang bijak. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 3 ribu – 7 ribu anda dapat berkeliling menuju beberapa objek wisata seperti Monjali, Pura Pakualaman, Candi Prambanan, Pantai Parangtritis maupun Candi Borobudur.

Sayangnya anda harus mempertimbangkan moda transportasi ini karena beberapa jam operasi bus kota cukup ketat dan tidak fleksibel. Jumlah armada keduanya juga sedikit terbatas, dengan waktu tunggu yang cukup lama yakni hingga 2 jam.

Rental Motor atau Sepeda

Ini nih salah satu opsi yang dapat anda pertimbangkan untuk berkeliling kota Jogja, meskipun jarak penginapan dan objek wisata cukup jauh. Rental motor juga tidak terlalu mahal, paling banter anda harus mengeluarkan uang Rp 100 ribu untuk sehari sewa. Lumayan murah, karena anda dapat menggunakannya 24 jam non stop.

Rental motor juga lebih fleksibel karena dapat menjangkau berbagai tempat.Namun jika anda benci polusi dan ingin menikmati lebih santai, sepertinya rental sepeda lebih cocok. Selain mengurangi jumlah polusi, kota Jogja juga cenderung ramah pengguna sepeda loh.

Rental Mobil

Rental mobil di Jogja itu banyak sekali, anda tinggal pilih. Bahkan coba saja browsing atau searching di internet sekarang, maka anda akan menemukan banyak sekali pilihan. Harga dan jenis mobil apapun tersedia di rental mobil Jogja. salah satunya anda bisa simak rental mobil di Jogja berikut ini https://www.onejogja.com

Opsi ini menarik apalagi jika anda bersedia melakukan perjalanan dengan rekan backpacker lain. Banyak orang yang memanfaatkan rental mobil untuk pergi berombongan, selain lebih murah, mobil juga fleksibel karena bisa menjangkau tempat jauh sekalipun.

Kelebihan lain dari rental mobil Jogja adalah, mereka biasanya juga menyediakan jasa tour package. Jasa paket wisata Jogja ini lazim loh sekarang, dan pilihannya semakin beragam bahkan bisa di custom objek wisata mana saja yang ingin dituju.

Cobalah sesuaikan budget transportasi anda, dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan uang yang berlebihan hanya untuk sarana transportasi. Timbang untuk ruginya sebelum memutuskan memilih sarana transportasi tertentu.

Mau Rental Mobil di Jogja? Kenali dulu Tips berikut!

Fasilitas rental mobil di Jogja memang menjadi salah satu kemudahan yang ditawarkan untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan di Jogja. Banyaknya tempat wisata serta tersebarnya lokasi wisata tersebut membuat usaha sewa mobil di Jogja semakin ramai dicari orang.

Terlebih jika musim liburan tiba, Jasa rental mobil Jogja menjadi salah satu yang paling diminati. Apalagi bagi wisatawan yang berkunjung dari luar daerah dan ingin menjelajah Jogja sebanyak mungkin. Namun sebelum anda memilih rental mobil di Jogja yang hendak anda pakai, sebaiknya anda kenali dulu tips dari kami berikut ini, agar tidak salah pilih rental mobil :

Perhatikan legalitas

Berkunjung ke tempat baru, tentu salah satu hal yang paling anda perhatikan adalah dari segi keamanan selain tentu saja kenyamanan selama liburan. Memilih rental mobil dengan legalitas yang resmi akan memberikan anda lebih banyak rasa aman.

Setidaknya secara hukum rental mobil tersebut telah terdaftar resmi. Dan jika dikemudian waktu ada masalah serta persoalan dapat diselesaikan dengan baik.

Rating dan testimoni

Biasanya rental mobil memiliki website atau mungkin laman resmi baik IG atau facebook yang digunakan untuk mengiklankan jasa mereka. Nah, anda harus rajin nih untuk mencari dan melihat rental mobil yang memiliki rating bagus.

Jangan lupa juga beberapa dari penyewa sebelumnya biasanya akan meninggalkan testimoni sebagai gambaran seperti apa rental mobil tersebut dalam memberikan jasanya.

Pahami dulu aturannya

Setiap rental mobil baik di Jogja maupun tempat lain pasti memiliki aturan tertentu untuk urusan sewa mobil. Begitupun kebanyakan sewa mobil di Jogja, pasti ada aturan sewa yang harus ditaati oleh konsumen. Peraturan ini juga disepakati oleh kedua belah pihak, meskipun tentu saja setiap risiko dan kejadian tidak bisa diprediksi.

Aturan ini harus anda pahami betul sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa rental mobil tersebut. Mulai dari paket layanan, cara pembayaran, harga, waktu penggunaan dan sebagainya. Dalam aturan tersebut biasanya diatur hak dan tanggung jawab kita selaku konsumen.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Rental mobil Jogja biasanya juga menyediakan paket wisata. Nah anda perlu memperhatikan layanan-layanan tersebut, apakah anda membutuhkannya atau tidak. Ingat dan pahami betul kebutuhan dari layanan yang anda inginkan.

Tentunya berbeda kebutuhan antara sewa mobil untuk keluarga, rombongan kerja, rombongan acara, wisata bersama dan sebagainya. Layanan yang diberikan akan berbeda tergantung dari kebutuhan tersebut.

Cek ketersediaan armada

Ini juga penting sekali anda lakukan, karena tidak semua rental mobil memiliki armada yang berlebih. Beberapa bahkan hanya memiliki 3-4 mobil, dimana jika musim liburan tiba maka jumlah armada tersebut akan cepat habis seiring dengan kebutuhan konsumen yang meningkat.

Oleh karena itu anda wajib memeriksa ketersediaan armada dari rental mobil tersebut. Akan lebih baik lagi jika anda sudah memesan di jauh hari. Banyak jasa rental mobil yang memberikan jasa booking 2 atau 3 minggu sebelumnya. Biasanya rental mobil ini membutuhkan DP atau uang muka terlebih dahulu untuk menghindari cancel secara sepihak.

Nah itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menemukan rental mobil yang tepat selama berkunjung di Jogja. Ingat untuk selalu memastikan dan menyesuaikan jasa tersebut dengan anggaran atau budget anda. Bepergian secara rombongan dapat menghemat ongkos sewa mobil karena dapat ditanggung secara bersama-sama loh.

Lakukanlah analisa sebelum anda melakukan pemesanan seperti yang telah dijelaskan diatas. Sebagai referensi tambahan, anda juga dapat simak salah satu penyedia rental mobil terkemuka di jogja berikut ini : https://jogjarentalmobil.net

Wisata Edukasi Jogja Yang menarik Dikunjungi

Ingin berlibur dengan keponakan atau anak-anak? Mengunjungi tempat wisata yang memiliki nilai tambah edukasi sepertinya harus anda masukkan ke dalam daftar. Jika anda datang ke Jogja, sudah pasti wisata edukasi disini merupakan nomor satu, karena begitu banyak dan beragam.

Menariknya wisata edukasi di Jogja juga tidak hanya dapat dinikmati oleh anak-anak saja, namun juga orang dewasa. Lalu harus kemana saja kita, jika ingin wisata edukasi di Jogja? Berikut ini rekomendasi wisata di Jogja yang baik untuk menambah pengetahuan :

Museum Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah gunung berapi yang hingga saat ini masih aktif. Gunung berapi satu ini mungkin sudah seringkali kita dengar dan bahkan lihat jika berkunjung ke Jogja. Berdiri dengan megah dan meninggalkan kesan sakral, ternyata terdapat Museum Gunung Merapi di Jogja.

Disini kita diajak untuk mengetahui tentang Gunung Merapi, serta menyadari betapa pentingnya mitigasi bencana saat diperlukan. Kondisi tersebut yang mengawali kenapa Museum ini didirikan, yakni untuk menanamkan dan mengedukasi warga masyarakat.

Kawasan Kraton Yogyakarta

Datang ke Jogja tidak lengkap jika kita tidak mengenali sejarahnya dan merasakan sendiri bagaimana jejak sejarah tersebut masih melekat hingga saat ini. Jika anda baru pertama kali datang ke Jogja, maka cara yang paling tepat untuk berkenalan dengan Jogja adalah dengan pergi ke Kraton.

Kawasan ini saran akan sejarah dan nilai budaya. Beberapa koleksi bahkan dipamerkan di Kraton Yogyakarta. Bangunan-bangunan kuno yang menjadi saksi sejarah Kerajaan yang hingga saat ini masih berdiri ini tidak boleh anda lewatkan.

Taman Pintar

Sesuai namanya tempat ini memang taman bermain yang berkonsep edukatif dan berusaha untuk membuat anak-anak menjadi pintar tanpa merasa bosan. Banyak pengetahuan yang disajikan di taman pintar namun dengan cara yang lebih menyenangkan.

Hal inilah yang membuat anak-anak menjadi tertarik dengan Ilmu pengetahuan dan teknologi di sekitarnya. Oiya, lokasi taman pintar ini tidak terlalu jauh dari Malioboro ya.

The Lost World Castle

Objek wisata satu ini sepertinya juga akan menjadi favorit untuk anak-anak. The Lost World Castle patut masuk dalam rekomendasi wisata di Jogja karena mengusung konsep yang unik. Lokasinya sendiri terletak di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman dan butuh kurang lebih 45 menit dari pusat kota Jogja.

Objek wisata ini berbentuk kastil dan memiliki beberapa spot yang fotogenik. Pihak pengelola berusaha untuk menyampaikan pesan edukasi tentang erupsi Gunung Merapi yang pernah terjadi beberapa tahun lalu dan menghabiskan desa-desa di sekitar Lereng Gunung Merapi termasuk desa Kepuharjo.

Wisata Pabrik Coklat Monggo

Berlokasi di Kotagede, produk cokelat Monggo yang didirikan pada tahun 2005 ini memang sudah sangat terkenal di Jogja. Menariknya pabrik cokelat Monggo saat ini telah mempersilahkan turis atau wisatawan untuk berkunjung dan melihat langsung proses pembuatan cokelat di dapur yang hanya dibatasi oleh dinding kaca.

Pada hari biasa mulai dari pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB pengunjung dipersilahkan untuk menikmati proses pembuatan cokelat. Namun pada hari minggu, jam kunjungan dibatasi hanya sampai dengan pukul 12.00 WIB saja.

Desa Wisata Wukirsari

Wukirsari masuk ke dalam daerah Imogiri, Bantul dan berhasil menjadi desa wisata terbaik pada tahun 2014. Desa wisata ini dibuka dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB sesuai dengan aktivitas warganya. Anda dapat menyaksikan proses membatik atau tatah sunggih selama berada di desa Wisata secara gratis.

Suasanan alamnya juga masih sangat terasa, karena terdapat perbukitan dan sungai-sungai. Selain sebagai sentra batik, desa wisata ini juga terkenal dengan kerajinan bambu, serta potensi wisata alam yang tentunya menarik untuk anak-anak anda.